MASIGNASUKAv102
6510051498749449419

Tutorial Melacak WhatsApp, Caranya Gampang Banget Bund

Tutorial Melacak WhatsApp, Caranya Gampang Banget Bund
Add Comments

 


WhatsApp atau disingkat WA, kini menjadi salah satu aplikasi pesan singkat daring yang paling dipakai oleh masyarakat di Indonesia.

Nah, bicara soal aplikasi yang sekarang dinaungi oleh Facebook ini. WhatsApp berkembang tadinya hanya melakukan chat kini bisa menjadi bisnis, lho. Lalu, ternyata, WA juga memiliki fitur yang banyak pengguna yang enggak tahu.

Tenang. Di tutorial melacak WhatsApp kali ini, yang bakal diketahui informasinya itu hanyalah posisi lokasi yang bersangkutan. Berbeda lagi dengan penyadapan, yang data pribadi bisa ikut terkulik.

Bagaimana tutorial melacak WhatsApp? Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Grabify (grabify.link), di browser. Grabify ini semacam memperpendek link (seperti bit.ly), namun memiliki fitur tambahan yaitu tracker dan bisa mengumpan balik link yang telah dipendekkan.

2. Masukan URL link ke Grabify, lalu buat URL shortener. Kalian bisa copy+paste link berita (misalnya link artikel happymod.my.id) atau link belanjaan e-commerce ke Grabify. Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, Grabify ini bisa memendekkan link.

3. Setelah link muncul, jangan ditutup Grabify-nya. Kemudian bagikan link tersebut ke WA yang bersangkutan.

Nanti, ketika URL link dari Grabify diklik oleh target, ada umpan balik dari Grabify, Kalian akan mendapat IP address dari pembaca. Di Grabify ini nanti memberi tahu posisinya dari link yang terkirim itu.

 Sampai sini paham? Lanjut.

Setelah url link dari Grabify diklik oleh yang bersangkutan. Di Grabify di jendela browser yang tidak ditutup tadi akan muncul IP address dari yang bersangkutan, yang meng-klik link yang di-share lewat WA tadi.

4. Begitu muncul IP address, copy IP Addressnya, kemudian buka jendela browser kedua. Yaitu iplocation.net atau bisa juga ke whatismyipaddress.com.

5. Masukkan link kotak kecil untuk input IP address di sana. Masukkan IP address yang didapat dari Grabify tadi kemudian klik IP lookup.

6. Setelah diklik, nanti akan kelihatan lokasinya di mana saja.

Dari situ akan menghasilkan informasi koordinat latitude dan longitude, posisi ini yang kita copy ke Google Maps,

Setelah di-copy koordinatnya, selesai. Kalian bisa melihat posisi HP yang bersangkutan, yang ingin dilacak.

Namun perlu diingat, keluarnya informasi latitude dan longitude ini tidak akurat mencapai 100 persen. Hal ini karena ada faktor teknis antara menara BTS dan sinyal provider.